picture was taken at Dedaunan Cafe, Kebun Raya Bogor

Jumat, 04 Juli 2008

pANZita kriZNA: catatan seorang job seeker

duniaku nampaknya terus melaju dengan cukup kencang, lebih kencang dari yang kuharapkan....
tanpa disadari sekarang sudah saatnya saya sebagai seorang manusia terpelajar untuk membuktikan dirinya di dunia kerja.... saya memilih dunia kantor....
terkadang pikiran ini membuat saya sedikit h2c... jantung jadi rada dag dig dug dorrrrr (udah bukan derrr lagi).....
yah tapi semua ini hanya bagian dari perjalanan dan keniscayaan, so i just have to face it... =)


fase ini menuntut saya untuk segera mencari kerja, untungnya saya memiliki seorang sahabat yang banyak mencurahkan perhatiannya untuk membantu saya dalam mencari pekerjaan...
sebut saja namanya bayu (emang bayu si hehehe).....
bantuan yang bayu berikan benar-benar tak terhargakan...
awalnya bayu menuntun saya dalam membuat cv dan surat lamaran kerja dalam bahasa inggris (ini penting lho)...
dan diapun dengan senantiasa selalu memberi info mengenai pekerjaan yang dia dapat kepada saya, hal ini sangat membantu sekali...
sampai akhirnya kami berdua secara resmi menjadi banci job fair hahahahaha (lengkap dengan atributnya, bukan stoking dan baju ketat lho, melainkan kemeja, dasi, celana resmi, dan sepatu resmi)....

kami mengunjungi setiap job fair yang ada baik di bandung maupun jakarta...
pengalaman yang menyenangkan juga masa-masa itu....
bahkan suatu saat karena kita harus melewati 3 in 1 dalam perjalanan menuju job fair di senayan, bayu mengimpor sahabat saya yang lain, rizky =), dari bandung untuk menjadi jocky hahahahahaha (trus dia mau aja lagi hahahahaha)...
maaf ya sahabatku rizky, asal kamu tau ya, karena job fair yang itulah maka saya mendapat pekerjaan sekarang.. =)
terima kasih ya...

akhirnya....
panggilan pertama...
saya sedang menginap dirumah sahabat saya Rizal di daerah dago, ketika tiba2 pada suatu pagi hp saya berdering menunjukkan nomor penelepon dari daerah jakarta....
lalu saya angkat dan menjawabnya, ternyata itu adalah panggilan wawancara dari ANZ...
wah saya senang sekali....
langsunglah awak cabwat ke jakartwa....
rancak banaaaa.... (hehehe kebanyakan makan rendang)

ANZ adalah singkatan dari australian new zealand bank...
bank nomor tiga terbesar di australia...
bank terbesar di new zealand...
masuk ke indonesia pada tahun 1973 bergabung bersama panin bank..
namanya menjadi anz panin bank....
yes, i already did my home work hehehehe....

hal yang paling aneh sekaligus lucu terjadi ketika saya datang untuk wawancara pertama...
sesampainya di sana saya diminta untuk mengisi formulir di ruang yang telah disediakan...
lalu saya mulailah mengisi formulir tersebut, dimana tiba2 ada seorang pelamar juga yang berperawakan ibu2 di atas umur 30 duduk di sebelah saya...
saya tetap fokus menisi formulir saya, walaupun saya menyadari bahwa sang ibu2 ini agak memperhatikan formulir yang sedang saya isi, di tangannya pun ada formulir yang sama...
lalu terjadi dialog seperti ini:

IBU : “mas, ini diisi ya?”
SAYA : “iya bu, ini diisi”
IBU : “oh baik” (diam agak lama tanpa mengisi)
IBU : “liat donk mas cara ngisinya” (langsung mengambil formulir dari tangan saya, tapi saya tetap tenang, setidaknya mencoba tenang)
IBU : “oh beda ya mas, ini mas” (dia mengembalikan formulirnya)
(lalu dia mulai mengisi agak lama, sampai suatu saat dia kembali memanggil saya dan mengajukan pertanyaan yang sangking anehnya sampai membuat saya bingung menjawabnya)
IBU : “mas?”
SAYA : “iya bu?”
IBU : “kalo kerja di sini tu digaji gak ya?”
(dddoooooeeeeennnnkkkkkkkk, saya jadi rada lemot sedikit berusaha mencerna pertanyaan itu, mungkin saja khan itu sebuah sandi untuk para mata2, kayak james bond gitulah, ternyata dia tampaknya cukup serius memang menanyakan hal tersebut hahaha, dan saya berusaha menjawabnya dengan muka sepolos mungkin)
SAYA : “hmmmmm, saya juga tidak tau bu, bagaimana kalau nanti ibu tanyakan saja saat ibu di wawancara?”
IBU : “hmmmm, ya ya...”
(setelah itu kita tidak berbicara lagi de hehehehe)

short version, setelah menjalani 5 wawancara selama tiga minggu akhirnya saya diterima oleh mereka...
hip hip hoorrraaaayyyyyy....
sekali lagi saya ucapkan terima kasih yang sebesar2nya untuk sahabatku bayu dan sahabatku yang lain dalam menemani perjalanan saya mencari kerja...

hhhhhhh...akhirnya saya memiliki pekerjaan juga ya...
hidup benar2 berjalan, dan dengan sangat kencang...
tanpa disadari dengan sebuah kedipan mata segalanya berubah...
benar2 menakutkan sekaligus menyenangkan...
membuat penasaran akan dibawa kemana diri saya oleh nasib...
saya hanya dapat merencanakan, berusaha sebaik mungkin, dan berdoa...
selebihnya bertawakkal kepada Allah...

selamat melanjutkan hidup, para sahabatku tercinta... =)

Tidak ada komentar: